Xiaomi Mi TDS Water Tester Pen Review Indonesia - Sutandi One

Xiaomi Mi TDS Water Tester Pen Review Indonesia



xiaomi mi tds pen water tester review ulasan


Xiaomi Mi TDS Pen Review Indonesia, di dalam artikel ini saya akan membahas tentang alat pengukur kemurnian air dari Xiaomi, sebelumnya kita bahas dulu apa itu Alat pengukur kemurnian air merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi kualitas atau kemurnian air berdasarkan nilai TDS sebagai indikatornya. TDS sendiri kepanjangan dari Total Disslove Solid yang berarti kandungan jumlah padatan yang terlarut dalam cairan. Biasanya semakin rendah nilai TDS, maka kemurnian air akan semakin tinggi juga. 


Baca Juga : Xiaomi MI Box 3 Review Indonesia


Xiaomi Mi TDS Pen

Xiaomi Mi TDS Pen merupakan alat pengukur kualitas dan kemurnian air yang dibuat oleh Xiaomi, alat ini berfungsi mirip dengan TDS Pen lainnya namun versi ini lebih berkualitas sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan tidak mengurangi keakuratannya. Unit yang saya beli kali ini versi Mandarin, sehingga panduan tidak bisa dibaca untuk itu harus mencari dulu panduannya dalam bahasa inggris. Berikut Ulasan Mi TDS Pen :

Kelengkapan Isi 

xiaomi mi tds pen water tester review ulasan


Isi di dalam kotak kemasan Mi TDS Pen sangat simpel hanya terdapat produknya sendiri dan dua buah baterai tipe AG13 LR44 yang tertanam di dalamnya.


xiaomi mi tds pen water tester review ulasan

Penampilan 

Mi TDS Pen memiliki bentuk presisi dengan setiap komponennya yang ada sehingga terlihat lebih compact dan sederhana dibandingkan alat TDS lainnya, tapi sayangnya Display (1-inch) tempat melihat indikator kurang baik kualitasnya kalau berada di ruang yang memiliki cahaya rendah, jadi harus sedekat mungkin untuk melihatnya.

xiaomi mi tds pen water tester review ulasan


Fitur dan Kegunaan

Mi TDS Pen seperti kebanyakan alat TDS lainnya memiliki kegunaan yaitu mendeteksi padatan yang ada dalam air termasuk padatan berbahaya, sehingga kita dapat mengetahui kualitas air baik atau tidak sebelum meminumnya. Dalam deskripsi produk Mi TDS Pen mampu mendeteksi 3 jenis kandungan yang berbahaya bagi tubuh manusia yaitu :
  1. Kandungan Garam Laut (Soluble Salts)
  2. Senyawa Organik (Ionic Organic Compound)
  3. Kandungan Logam Berat (Heavy Metal Ion)

Penggunaan

Mi TDS Pen cukup mudah dalam penggunaan, hanya perlu menekan tombol yang ada di tengah dan lepaskan penutup kepala penanya kemudian letakkan di dalam air, maka hasil nilai kualitas air akan segera tampil di layar. Untuk mengetahui nilai kualitas air ada pada deskripsi produk atau dapat dilihat pada tabel bawah ini :

Tingkat Kualitas Air di Mi TDS Pen
Nilai TDS Kualitas Air
0-50 ppm High Purity
50-100 ppm Relatively Pure
100-300 ppm General Purity
300-600 ppm Lower Purity
600-1000 ppm Poor Taste
1000++ ppm Unfit for Drinking

Disini saya akan coba test dengan tiga air mineral kemasan dan satu alat filtrasi air yang brandnya tidak saya sebutkan, berikut hasil uji menggunakan Mi TDS Pen :


Tingkat Kualitas Air Mineral Kemasan
Air Mineral #1 75 ppm
Air Mineral #2 125 ppm
Air Mineral #3 173 ppm

Tingkat Kualitas Air Alat Filtrasi
Air PAM sebelum filtrasi 100 ppm
Filtrasi Air #1 60 ppm


Note : perlu diketahui nilai TDS tidak menjamin bahwa air yang diminum akan sehat jika nilai TDSnya kecil. Menurut WHO (World Health Organization)  tidak ada bukti yang konklusif tentang tinggi rendahnya TDS di air dengan kesehatan, meski begitu WHO menetapkan kandungan jumlah padatan terhadap air yang bisa untuk diminum adalah antara 300 - 600 mg/litre atau kurang dari itu lebih baik. (Sumber : http://www.who.int/water_sanitation_health/dwq/chemicals/tds.pdf).


Kesimpulan

Menurut saya Xiaomi Mi TDS Pen merupakan alat yang sangat berguna bagi saya untuk mengetest kualitas air di rumah baik atau tidak, karena kualitas air di rumah saya kadang kurang baik dan juga berguna untuk membuktikan bahwa alat filtrasi air yang saya gunakan berfungsi dengan baik, walaupun tidak ada bukti nilai TDS rendah baik atau tidak, namun ada baiknya sebagai indikator untuk mengetahui kualitas air.

Mi TDS Pen ini saya beli di JD.ID sekitar 100rb, cukup mahal daripada TDS Pen lainnya, tapi saya cukup puas dengan build quality yang bagus dan penggunaan yang simpel.


Sekian ulasan tentang Xiaomi Mi TDS Pen, Terimakasih.



No comments:

Powered by Blogger.