Xiaomi Mi Box 3 Update Android Oreo - Sutandi One

Xiaomi Mi Box 3 Update Android Oreo




Akhirnya sekian lama tidak memperbarui artikel di-blog ini, saya kembali lagi membuat artikel baru, kali ini yang akan saya bahas adalah update terbaru dari Xiaomi Mi Box 3 yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan pengguna setia Mibox, karena di-update kali ini sistem operasi Mi Box 3 langsung ke Android Oreo.


Baca Juga : Xiaomi MI Box 3 Review Indonesia



Xiaomi Mi Box 3 Nougat Beta

Sebelum update oreo ini, pihak developer xiaomi yaitu xiaomi.eu sudah sempat mengeluarkan update sistem Android Nougat yang masih tahap Beta, update tersebut memiliki banyak sekali masalah sehingga waktu itu saya ragu untuk meng-update Mibox karena diantara banyak masalah tersebut ada bug yang sangat fatal. Akhirnya memutuskan tidak meng-update Mibox saya.

Setelah kurang lebih setahun menunggu keluarlah update terbaru dari xiaomi.eu yang tidak tanggung-tanggung langsung update ke sistem Android Oreo.

Xiaomi Mi Box 3 Oreo 




Update sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada akhir bulan juni lalu, dan dihentikan karena beberapa user mengalami banyak masalah setelah update tersebut, sehingga update tersebut terpaksa ditunda dan diperbaiki lagi oleh developer-nya.

Pada saat itu saya untungnya tidak keburu meng-update Mibox saya, akhirnya pada pertengahan bulan juli update tersebut kembali dikeluarkan dan patch perbaikan bagi sudah terlanjur update kemarin.




Saya merasa pada update ini performa Mibox saya kurang optimal dan banyak permasalahan yang muncul seperti booting yang lama, susah mengkoneksikan WiFi, dan beberapa aplikasi yang biasanya saya gunakan menjadi tidak kompatibel.  

Xiaomi Mi Box 3 Oreo Last Build

Setelah meng-update Mibox ke sistem Android Oreo. Membuat saya mengalami beberapa masalah yang tidak sedikit terutama dibagian sistem. Beberapa bulan setelahnya keluarlah pembaharuan sistem Android Oreo yang mengharuskan mendownload lagi sebesar 620MB.




Dijelaskan bahwa update ini memperbaiki fitur sistem, masalah setting menu audio, dan stabilisasi jaringan koneksi WiFi.

Secara kasat mata berbagai update ini terbilang cukup menjanjikan tapi kenyataan kurang memenuhi ekspektasi saya di beberapa perubahan yang disematkan di perangkat Mibox saya. Berikut perubahan yang ada setelah meng-update sistem Mibox ke Android Oreo.

Tampilan ( Interface )

Tampilan baru pada update oreo ini memiliki tampilan yang lebih mudah mengakses konten dari aplikasi, tetapi terlalu banyak konten yang tampil mengakibatkan kurang responsif saat mengakses konten-konten tersebut. Berikut tampilan terbaru dari update ini :



Butuh beberapa penyesuian dalam penggunaan tampilan beranda seperti ini.

Fitur Sistem ( Feature System )

Di-update ini terdapat beberapa fitur baru bawaan dari Android Oreo, fitur-fitur tersebut tidak terlalu banyak, diantara fitur tersebut cuma satu fitur yang paling saya suka yaitu Google Assistant karena sangat berguna dalam penggunaan sehari-hari seperti kita bisa menanyakan cuaca, hasil pertandingan olahraga, dan masih banyak lagi. 



Performa ( Performance )

Performa sangat penting karena menyangkut penggunaan sehari-hari, masalah yang paling banyak ditemukan adalah pada bagian beranda. Seperti yang dikatakan tadi kurang responsif, ini dikarenakan beranda terlalu banyak memakai sumber daya sehingga performa menurun, dan juga karena Mibox 3 hanya memiliki 2GB RAM yang terbilang kecil. Untuk kebutuhan biasa saya rasa lancar saja, cuma agak terasa berat dari biasanya ketika kita memainkan game yang grafiknya bagus misal : Real of Racing 3, Asphalt 8 Airbone, Dead Trigger 2. Disini saya coba menguji benchmark Mibox 3 dengan aplikasi 3DMark dengan modul Ice Strom Extreme, bisa diliat hasil dibawah ini :




Disini tidak banyak yang dapat dibahas update ini karena informasi update tidak terlalu banyak dijelaskan oleh pihak xiaomi.eu. Berikut keuntungan dan kelamahan dari update sistem ini.

Keuntungan
  • Memiliki fitur Google Assistant.
  • Dukungan terhadap aplikasi terbaru di playstore.
  • Dukungan keamanan terbaru.
Kelemahan
  • Performa kurang baik.
  • Beberapa masalah teknis yang belum ada kepastian.

Kesimpulan

Dalam update ini terdapat banyak perubahan yang sangat besar terutama bagian tampilan dan performa, dari selama saya memakai Mibox yang sudah di-update ke Android Oreo memang memiliki banyak masalah terhadap performa. Saat mengakses konten yang ada di Mibox terasa agak berat dan waktu saat membuka aplikasi tertentu cukup agak lama, ini membuat kurang nyaman dalam penggunaan sehari-hari. 

Jadi saya menyarankan bagi yang merasa sudah nyaman di Android Marshmallow lebih baik jangan di-update karena saya rasa versi sistem tersebut sudah sangat stabil dibandingkan sistem terbaru, tetapi jika merasa ingin menikmati pengalaman baru menggunakan Mibox bisa melakukan update ke sistem Android Oreo, terlepas dari beberapa masalah yang mungkin akan terjadi.

Sekian dari ulasan saya tentang Update Android Oreo terbaru di Xiaomi Mi Box 3.

Terimakasih.




No comments:

Powered by Blogger.