ZNT D08-L Headset Bluetooth Review Indonesia - Sutandi One

ZNT D08-L Headset Bluetooth Review Indonesia



ZNT D08-L Headset Bluetooth Review - kembali lagi dengan ulasan gadget lainnya, kali ini saya akan mengulas Headset Bluetooth keluaran dari brand ZNT, sebelumnya kita bahas sedikit tentang Headset Bluetooth ialah sebuah headset wireless (tanpa kabel) yang memungkinkan kita mendengar audio atau musik melalui jaringan bluetooth yang terhubung di smartphone atau perangkat lainnya.

Seperti yang kita ketahui Headset Bluetooth saat ini makin digunakan banyak orang, karena beberapa alasan seperti penggunaannya yang lebih simpel dan praktis, harga yang terjangkau dibandingkan dulu, dan juga brand-brand smartphone saat ini sudah mulai menghilangkan port jack audio 3.5mm di lini smartphonenya.


ZNT sendiri merupakan perusahaan elektronik yang menghadirkan produk-produk yang unik dan berkualitas dengan standar kualitas tertinggi. Kebanyakan produk yang dikeluarkan ZNT adalah Headset Bluetooth (Sumber).

Perusahaan ini memang jarang terdengar oleh kebanyakan orang, termasuk saya, karena perusahaan ini masih tergolong baru.

Pertama kali saya memutuskan membeli Headset Bluetooth tersebut karena lagi ada diskon Harbolnas 12.12, dan melihat juga ulasan/komentar positif dari produk itu, sehingga membuat saya tertarik untuk membelinya.


Baca Juga : Xiaomi MI TDS Water Tester Pen Review Indonesia


ZNT D08-L Headset Bluetooth


znt-d08-l-headset-bluetooth-review-indonesia-sutandione




ZNT D08-L merupakan seri produk Headset Bluetooth yang dikeluarkan oleh ZNT, Headset  Bluetooth ini menawarkan fitur yang lumayan bagus antara lain, (1) Sudah mengadopsi teknologi bluetooth 5, sehingga kecepatan transmisi data lebih cepat dan baik dibandingkan versi sebelumnya yaitu bluetooth 4.2. (2) Memiliki kualitas audio HiFi (High Fidelity) sehingga suara yang dihasilkan lebih detail dalam hal ketelitian nada. (3) Sudah memiliki sertifikasi IPX5 yang tahan dengan percikan air atau air hujan ringan.


Spesifikasi


Model Tipe   ZNT D08-L
Bisa di Perangkat   Android / IOS / Windows
Microphone   Ada
Bluetooth Versi   5.0
Protokol Bluetooth   A2DP/ HFP/ AVRCP/ SPP
Transmisi Frekuensi   2.4GHz ~ 2.48GHz
Jarak Jangkauan   10 Meter
Baterai Kotak Charging   500mAh dengan output 5V
Baterai Satu Earbud   50mAh


Kelengkapan

Kotak kemasan dari produk ZNT D08-L tampak ringkas dan terasa sedikit premium saat dipegang karena memiliki tekstur doff di kotaknya. Isi dalam kemasannya terdiri dari unitnya sendiri yaitu Earbud sepasang, ada Kotak Charging untuk mengisi daya masing-masing Earbud, disertakan juga pouch bertekstur kulit untuk menyimpan unitnya. Kemudian ada tambahan Eartip 3 pasang dengan ukuran yang berbeda, dan juga ada kabel micro usb, kartu jaminan sama buku manual dalam bahasa inggris untuk penggunaannya.

znt-d08-l-headset-bluetooth-review-indonesia-sutandione



Desain

ZNT D08-L memiliki desain yang secara keseluruhan bagus, terutama desain Kotak Charging-nya yang terasa premium dan kokoh karena terbuat dari bahan metal, untuk Earbud-nya sendiri desainnya lumayan bagus dengan bentuk mengkotak, dan tekstur doff yang dilapasi karet di sudutnya, tapi sayang desain ini bentuknya kurang pas di telinga saya, sehingga ketika memakainya agak sedikit longgar.


znt-d08-l-headset-bluetooth-review-indonesia-sutandione
Earbuds

znt-d08-l-headset-bluetooth-review-indonesia-sutandione
Kotak Charging

 


Penggunaan

Dalam penggunaan ZNT D08-L memiliki beberapa instruksi, sebagai berikut :

Untuk menyalakan Earbud cukup tekan bagian tengah Earbud yang berlogo "R" / "L", kemudian tahan sampai lampu indikator menyala atau mendengar suara "Power On", untuk Mematikannya tekan dan tahan juga sampai lampu indikator mati atau mendengar suara "Power Off". Earbud ketika mengisi daya di Kotak Charging maka lampu indikator di Earbud akan berwarna merah, setelah Earbud terisi penuh maka lampu indikatornya akan mati.

Lampu Indikator berwarna biru di Kotak Charging akan berkedip dalam 1-4 kali saat Earbud lagi melakukan pengisian daya untuk menandakan kondisi baterai di Kotak Charging, yaitu jika Berkedip 1 kali (0% - 25%), Berkedip 2 kali (25% - 50%), Berkedip 3 kali (50% - 75%), dan Berkedip 4 kali (75% - 100%). Jika baterai lemah Lampu Indikator di Kotak Charging akan berwarna merah dan berkedip saat melakukan pengisian daya. Setelah Kotak Charging baterainya terisi penuh maka Lampu Indikator tetap berwarna merah tapi tidak berkedip lagi.


Kesan pertama kali saya saat memakai ZNT D08-L lumayan agak ribet, banyak petunjuk penggunaan yang melibatkan Indikator Lampu led, sehingga kita perlu mengingatnya terutama bagian Indikator Lampu di Kotak Charging-nya yang hanya satu tapi memiliki beberapa status yang menandai kondisi tertentu. Apalagi Indikator Lampu led cepat sekali saat berkedipnya, sehingga kita butuh ekstra memperhatikan ketika ingin melihat dengan betul status dari Kotak Charging-nya.

Tetapi setelah beberapa kali pemakaian, akhirnya sudah mulai terbiasa dan ada beberapa kondisi dalam penggunaan menjadi lebih praktis. Contohnya ketika kita ingin menggunakan Earbud yang lagi di isi dayanya, maka kita dapat langsung melepas dari Kotak Charging-nya, sehingga akan otomatis menyala dan terhubung dengan perangkat yang sebelumnya sudah pernah terhubung.


Performa

Setelah membahas desain dan penggunaan, maka selanjutnya kita bahas performa pemakaian dari Headset Bluetooth ini.

Bagian yang paling penting dalam sebuah Headset adalah kualitas suara yang dihasilkan, ZNT D08-L memiliki suara cukup jernih dan detail lumayan terasa saat memutar musik yang banyak instrumennya, kualitas bass-nya agak kurang keluar menurut saya dan kualitas trable-nya standar.

Akan tetapi saya merasa puas dengan daya tahan baterainya yang dimana dapat bertahan memutar musik selama 2 jam 30 menit dengan volume 65%, dikombinasikan dengan Kotak Charging-nya yang membuat headset ini hampir jarang kehabisan baterai saat ingin memakainya. Karena setiap sehabis pemakaian, kita cukup taruh Earbud di Kotak Charging-nya dan akan mengisinya otomatis sampai penuh.

Waktu pengisian Earbud dari habis sampai penuh adalah 1 jam, begitu juga Kotak Charging-nya yang memiliki waktu pengisian yang kurang lebih sama.

Secara logika satu Earbud memiliki baterai sebesar 50mAh, maka sepasang Earbud 100mAh, Kotak Charging memiliki baterai sebesar 500mAh, maka kita dapat mengisi sepasang Earbud selama 5 kali di Kotak Charging-nya.



Kelebihan

  • Dukungan Bluetooth 5
  • Pengisian daya Earbud menggunakan Magnetic Charge
  • Tahan percikan air 
  • Daya tahan baterai yang awet

Kekurangan

  • Bentuknya kurang pas pada telinga sebagian orang.
  • Lampu Indikator di Kotak Charging yang kurang jelas dalam memberitahu kondisi baterai.  
  • Port micro usb di kotak charging yang kurang presisi, sehingga agak susah memasukannya. 


Kesimpulan

Menurut saya Headset Bluetooth ZNT D08-L merupakan headset yang memiliki banyak keunggulan di dalamnya seperti sudah menggunakan konektivitas Bluetooth versi terbaru yang memungkinkan dapat terhubung dengan jarak maksimal 10 meter, memiliki sertifikasi IP5X yang tahan percikan air atau keringat saat kita lagi olahraga, dan ketahanan baterai yang luar biasa. Walaupun kualitas suara yang dihasilkan agak lebih bagus dari Headset Wired (Kabel) biasa pada umumnya, tetapi cukup worth it untuk membelinya.


Headset Bluetooth ZNT D08-L ini saya beli dengan harga 172rb di ZNT Official Store (Lazada), saat promo Harbolnas 12.12 berlangsung, sekarang mungkin harganya agak mahal.


Sekian dari Ulasan Saya mengenai ZNT D08-L Headset Bluetooth 5.

Terimakasih.



No comments:

Powered by Blogger.