Acara SCCN Samarinda : Mengupas Sejarah Samarinda - Sutandi One

Acara SCCN Samarinda : Mengupas Sejarah Samarinda



RESUME DISKUSI TERBUKA MENGUPAS SEJARAH SAMARINDA

Tanggal Pelaksanaan : 28 November 2015
Tempat Pelaksanaan :  di halaman depan SMK TI Airlangga


Penemuan Peningggalan Sejarah Kota Samarinda di teluk lerong bisa dikatakan adalah salah satu dari sejarah terbentuknya samarinda.

Awal mula gua teluk lerong samarinda di temukan karena tak sengaja, ketika pak anwar sedang tidur dan dia mendengar suara angin dari bawah tanah rumahnya  dari situ lah muncul curiga pas dininjak bagian daerah itu tiba-tiba ambruk dan dari situlah awal mulanya ketemu gua tersebut di duga gua tersebut tertimbun sampah dari masyarakat sehingga gua tersebut tidak keliatan, dari penemuan yang katanya peninggalan belanda tersebut di temukan lah awal dari sejarah kota samarinda . penemuan-penemuan tersebut bukanlah pertamakalinya ada peninggalan sejarah yang di temukan dahulu sebelum gua tersebut ditemukan.

Cerita Lebih Lengkapnya tentang gua tersebut di jelaskan oleh ketua geologi dan konsentrasi biologi mulawarman, jadi awal muncul berita tentang gua tersebut saya menjadi semangat karena saya sangat menyukai peninggalan – peninggalan sejarah ,pada waktu itu kawan menelusuri gua dan ada beberapa lokasi yang kita pindai dari arahan pak arifin kalo tidak salah, beliau adalah orang yang lumayan lama tinggal disana, ketika akhir ditemukan gua tersebut dirumah pak anwar saya pikir itu adalah kesempatan yang  cukup baik dan langka untuk memverifikasi langsung, sehingga jeda empat sampai tiga hari setelah pemberitaan, saya dan kawan-kawan dan anak mahasiswa dari teknis biologis memeriksa lokasi, kami mendapatkan ada dua lokasi yang kami verifikasi dari gua tersebut.

Ibu Meliana selaku pejabat walikota, Beliau mengatakan dalam diskusi, goa tersebut adalah sejarah samarinda dan kita harus mempertahankan dan melestarikan sejarah tersebut, dengan cara mencari solusi dari pemerintah untuk mendukung dan menfasilitasi peninggalan gua tersebut.

Pak Endro mengatakan penemuan peninggalan sejarah ini mungkin bisa menjadi ikon baru kota samarinda sebagai museum pertama di samarinda, ujar beliau dalam diskusi.

Pemerintah dari dinas pariwisata nambahkan bahwa gua tersebut perlu di teliti lebih lanjut karena diduga pondasi gua kurang aman, keamanan di atas semuanya sebelum di jadikan tempat pariwisata.

Langkah apa yang di ambil dari dinas pariwisata tentang penemuan peninggalan sejarah ini?

Mengenai Peninggalan Sejarah tersebut, langkahnya akan segera  dilaksanakan kordinasi dengan pihak atau intansi yang terkait apakah akan dijadikan cagar wisata atau pariwisata.

berikut video saat diskusi terbuka dari awal hingga akhir :





No comments:

Powered by Blogger.