Cara Menyelamatkan Smartphone Terendam Air - Sutandi One

Cara Menyelamatkan Smartphone Terendam Air

smartphone hp terendam air

kali ini saya akan membahas tentang pengalaman saya tentang bagaimana saya memperbaiki smartphone saya yang terendam air sekitar semenitan lebih dan berhasil selamat dari dampak air, sekarang smartphone sudah bekerja dengan baik tanpa masalah,langsung saja berikut langkah-langkahnya yang patut dicoba, jika tidak mau keluar uang lebih untuk service.



1. Segera ambil smartphone dari dalam air


karena nasib smartphone anda akan dipertaruhkan, terlambat sedetik saja akan mengakibatkan kerusakan yang fatal, jika masih terhubung dengan charger segera lepaskan charger dari colokan listrik, jangan coba-coba mengambilnya jika charger masih terhubung dengan listrik, karena listrik akan merambat ke air yang mengakibatkan anda akan tersetrum jika mengambilnya.



2. Segeralah mengeringkannya dengan handuk


Langkah Ini juga menentukan nasib smartphone anda. Jika tidak mengeringkan air akan merambat ke dalam smartphone dan dapat mengakibatkan kerusakan maka dari itu segeralah mengeringkannya supaya dampak dari air hanya ada luar permukaan smartphone.Jika punya vaccumcleaner(penyedot debu) bukan hairdrayer gunakalah untuk menyedot air tapi jangan terlalu dekat dengan smartphone cara ini saya dapat dari kompas.com.



3. Lepaskan semua cover,baterai,simcard,memorycard

Terlebih dahulu matikan smartphone dengan mencabut baterai, langkah ini berguna untuk menyelamatkan supaya tidak terjadi kerusakan sistem pada smartphone, baru lepaskanlah
Simcard,memorycard,atau aksesoris lainnya kemudian keringkan kembali dengan handuk atau kain yang menyerap air.

Jika terendam lumayan lama dan anda mau mengambil resiko coba bongkar smartphonenya, perlu diingat cara ini tidak dianjurkan karena bereksiko bagi yang masih awam tolong jangan coba melakukannya dan juga apabila smartphone anda tidak mudah dibongkar, saya tidak tau dengan merek smartphone lainnya tapi smartphone samsung saya kebetulan mudah dibongkar, bila tidak tau cara membongkar coba cari di youtube dengan nama model smartphone + keyword, keywordnya Disassembly & Assembly. Contohnya : Samsung Galaxy S3 Disassembly & Assembly.
Jika sudah dibongkar keringkanlah bagian-bagian smartphone dengan pelan-pelan dengan menggunakan tisu atau cottonbuds lalu pasang lagi seperti awal.



4. Gunakan media beras untuk mengeringkan smartphone


Media beras ini cukup terkenal di blog yang memposting cara menyelamatkan ponsel terendam air dan terbukti ampuh dengan merendam smartphone di dalam beras dan dibiarkan selama tiga hari, bagi anda yang membongkar smartphone anda jangan coba merendam bagian-bagian smartphone, karena cara ini dapat menyebabkan bagian-bagian smartphone yang sudah dibongkar terkena serbuk beras jadi harus dibersihkan lagi dengan cotton buds tetapi cara ini bagian smartphone jadi cepat kering. dengan merendam smartphone di dalam beras kemungkinan besar ada akan terselamatkan.



Kesimpulannya :
Cara ini sangat ampuh bagi saya karena smartphone saya terendam cukup lama dapat kembali sempurna tanpa kerusakan sedikitpun mulai dari os,suara,kamera,layartampilan di smartphone saya juga bagus semuanya kembali seperti awal. untuk menghindari kejadian ini mungkin jika anda mau membeli smartphone ada baiknya anda mempertimbangkan membeli smartphone yang waterproof bila anda memiliki budget yang tinggi atau bisa membeli casing smartphone yang tahan air .

Sekian dari pengalaman yang saya sampaikan perlu diingat saya disini hanya berbagi pengalaman saya ketika smartphone saya terendam air jadi saya tidak bisa menjamin smartphone anda akan selamat dari dampak air dengan mengikuti langkah di atas.

No comments:

Powered by Blogger.